Sabtu, 19 Maret 2016

Social Media (Media Sosial)



Social Media (media sosial) saat ini banyak sekali ditemui di internet apabila anda menyempatkan diri untuk mengakses internet. Banyak orang (pengguna internet) di seluruh dunia, yang dapat begitu mudahnya mengakses Social Media dari beragam perangkat. Misalkan saja komputer desktop, komputer jinjing, hingga perangkat smartphone. Namun perlu diketahui terlebih dahulu, apakah yang dimaksud dengan Social Media (media sosial)?

Terdapat beberapa definisi yang dikemukakan oleh para ahli mengenai Social Media (media sosial). Beberapa definisi tersebut antara lain sebagai berikut :


  • 1.       Social Media (media sosial) merupakan bentuk pemanfaatan aplikasi berbasis web dan teknologi mobile untuk menciptakan komunikasi kedalam dialog yang bersifat interaktif.
  • 2.       Social Media (media sosial) merupakan tempat (media) di mana anda dapat menyalurkan / menyebarkan informasi kepada orang lain secara online.
  • 3.       Social Media (media sosial) merupakan salah satu sarana komunikasi secara online di abad ini, memanfaatkan teknologi internet, aplikasi berbasis web, dan perangkat mobile.
  • 4.       Social Media (media sosial) merupakan tempat di mana masyarakat jaman ini dapat dengan mudah berbagi informasi, konten, data, kedalam koneksi jaringan mereka (yang kemudian membentuk Social Network).


Berdasarkan keemapat definisi di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa Social Media (media sosial) telah mengubah paradigma media sosial saat ini dengan media sosial  di saat internet belum tercipta atau belum digunakan. Kendaraan utama dari sebuh Social Media (media sosial) adalah internet.

Berdasarkan teori-teori sosial yang dikembangkan oleh Durkheim, Weber, Tonnies maupun Marx (Ahli Sosial,) dapat disimpulkan bahwa media sosial bisa dilihat dari perkembangan bagaimana hubungan individu dengan perangkat media. Dan secara umum Media Sosial adalah “medium di internet yang mepresentasikan dirinya maupun berinteraksi, bekerjasama, berbagi, berkomunikasi dengan pengguna lain, dan membentuk ikatan sosial secara virtual”. 

Adapun karakteristik Media Sosial, yaitu :

  1. Jaringan (network). 
  2.  Informasi (information).
  3. Arsip (archive).
  4. Interaksi (interactivity).
  5. Simulasi Sosial (simulation of society).
  6. Konten oleh pengguna (user-generated

    content
    ).


Daftar pustaka :
Pratama Eka, dan Agus I Putu, Komputer & Masyarakat, Informatika, hal.248
Nasrullah Rulli, 2015, Media Sosial, Simbiosa Rekatama Media, Bandung, hal. 8, 13 dan 16.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar