Surat Kabar merupakan media massa yang paling
tua dibandingkan dengan jenis media massa lainnya. Sejarah telah mencatat
keberadaan surat kabar dimulai sejak ditemukannya mesin cetak oleh Johann
Guternberg di Jerman.
Surat kabar sebagai media massa dalam masa
orde baru mempunyai misi memperluaskan pesan – pesan pembangunan dan sebagai
alat mencerdaskan rakyat indonesia. Ada 4 fungsi media massa, yaitu :
- Informasi
- Edukasi
- Hiburan,
- Dan Persuasif
Namun fungsi yang paling menonjol pada surat
kabar adalah informasi. Hal ini sesuai dengan tujuan utama khalayak membaca
surat kabar, taitu keingintahuan akan setiap peristiwa yang terjadi
disekitarnya. Karenanya sebagian besar
rubrik surat kabar terdiri dari berbagai jenis berita. Namun demikian, fungsi
hiburan surat kabar pun tidak terabaikan karena tersedianya rubrik artikel
ringan, feature (laporan perjalanan,
laporan tentang profil seorang yang unik), rubrik cerita bergambar atau komik,
serta cerita bersambung.
Untuk dapat memanfaatkan media massa secara
maksimal demi tercapainya tujuan komunikasi, maka seorang komunikator harus
memahami kelebihan dan kekurangan media tersebut, Dengan kata lain, komunikator
harus mengetahui secara tepat karakteristik media massa yang akan digunakannya.
Karakteristik surat kabar sebagai media massa mencakup :
- Publisitas
- Periodesitas
- Universalitas
- Aktualitas,
- Dan Terdokumentasi
Daftar Pustaka :
Ardianto, Elvinaro,
Komala Lukiati dan Karnilah Siti, 2007, Komunikasi Massa Suatu Pengantar,
Bandung, Rema Simbiosa Rekatama Media
Tidak ada komentar:
Posting Komentar