Senin, 21 Maret 2016

Surat Kabar



Surat Kabar merupakan media massa yang paling tua dibandingkan dengan jenis media massa lainnya. Sejarah telah mencatat keberadaan surat kabar dimulai sejak ditemukannya mesin cetak oleh Johann Guternberg di Jerman.
 
Surat kabar sebagai media massa dalam masa orde baru mempunyai misi memperluaskan pesan – pesan pembangunan dan sebagai alat mencerdaskan rakyat indonesia. Ada 4 fungsi media massa, yaitu :

  1.  Informasi
  2. Edukasi
  3. Hiburan,
  4. Dan Persuasif

      Namun fungsi yang paling menonjol pada surat kabar adalah informasi. Hal ini sesuai dengan tujuan utama khalayak membaca surat kabar, taitu keingintahuan akan setiap peristiwa yang terjadi disekitarnya.  Karenanya sebagian besar rubrik surat kabar terdiri dari berbagai jenis berita. Namun demikian, fungsi hiburan surat kabar pun tidak terabaikan karena tersedianya rubrik artikel ringan, feature (laporan perjalanan, laporan tentang profil seorang yang unik), rubrik cerita bergambar atau komik, serta cerita bersambung.


Untuk dapat memanfaatkan media massa secara maksimal demi tercapainya tujuan komunikasi, maka seorang komunikator harus memahami kelebihan dan kekurangan media tersebut, Dengan kata lain, komunikator harus mengetahui secara tepat karakteristik media massa yang akan digunakannya. Karakteristik surat kabar sebagai media massa mencakup :
  •  Publisitas
  • Periodesitas
  • Universalitas
  • Aktualitas,
  • Dan Terdokumentasi

      Daftar Pustaka :
Ardianto, Elvinaro, Komala Lukiati dan Karnilah Siti, 2007, Komunikasi Massa Suatu Pengantar, Bandung, Rema Simbiosa Rekatama Media

Tidak ada komentar:

Posting Komentar